Payudara Sakit Sebelah Kanan dan 3 Cara Menyembuhkannya

masukkan script iklan disini

Sebagai wanita, apabila payudara sakit sebelah kanan pasti rasanya sangat tidak nyaman. Perasaan tidak nyaman tersebut timbul bukan hanya karena nyerinya, namun juga rasa takut akan terkena kanker, tumor payudara, dan penyakit serius lain terkait payudara.


Oleh karena itu, perlu dipelajari sejak awal apa saja yang bisa menjadi penyebab timbulnya rasa sakit di payudara. Dengan begitu, para wanita akan bisa lebih berhati-hati dan menghindari faktor-faktor yang bisa menimbulkan sakit di payudara tersebut.


Tema ini sangat penting dibahas dan dimengerti oleh para wanita. Sebab, payudara merupakan alat vital yang bisa menentukan masa depan. Bagaimana tidak? Payudara adalah sumber nutrisi pertama bagi anak setelah ia lahir di dunia. Jika seorang ibu mengalami masalah dengan payudaranya, bagaimana ia bisa menyusui? Selain itu, para pria umumnya lebih memilih wanita dengan payudara sehat sebagai istrinya karena ia bisa mempercayakan bayi mereka sepenuhnya pada sang ibu.


Oleh karena fungsi payudara yang sangat penting, para wanita harus menjaga aset tersebut dengan serius. Daftar penyebab payudara sakit sebelah kanan di bawah ini mungkin bisa dijadikan sebagai referensi supaya kedepannya wanita-wanita muda yang akan menikah tidak mengalami gangguan dengan payudara mereka.


Penyebab Payudara Sakit sebelah Kanan

Ulasan berikut ini akan memberikan gambaran apa saja yang mungkin menjadi penyebab timbulnya rasa sakit pada payudara sebelah kanan.


  • Salah Ukuran Bra

Mengenakan bra dengan ukuran yang tidak sesuai seperti ukuran asli payudara tentu bisa menimbulkan masalah. Bila ia terlalu kendor, payudara lama kelamaan akan menggelantung dan tidak kencang. Sebab, bra yang seharusnya menyangga beban payudara saat aktivitas sehari-hari tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Sebaliknya, bila bra terlalu ketat, payudara akan tertekan dan bisa menjadi menimbulkan rasa nyeri.


  • Payudara Besar

Wanita dengan payudara besar cenderung mengalami payudara sakit sebelah kanan dengan intensitas yang lebih sering dibandingkan dengan wanita berpayudara kecil. Sebab, payudara besar memiliki beban yang lebih berat. Bagian tubuh yang biasanya ikut terdampak nyeri adalah punggung dan bahu. Hal ini karena payudara besar cenderung membuat wanita membungkuk ke depan sehingga bahu dan punggung tidak dalam keadaan tegap.


  • PMS

Kata ini sering dijadikan wanita sebagai alat pamungkas untuk membenarkan tindakan sewenang-wenangan mereka. Hal ini bukan tanpa alasan. PMS yang memiliki kepanjangan Pre Menstruasi Syndrome ini akan membuat seluruh tubuh terasa nyeri, termasuk juga payudara. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon di dalam tubuh akibat pasokan estrogen yang menipis. Secara umum, ada 3 fase hormon pada wanita itu berubah, yakni saat hendak haid, saat hamil, dan saat menopause.


  • Kafein

Kopi dan teh memang sangat nikmat disantap saat udara sedang dingin-dinginnya. Keduanya memiliki aroma yang khas dan wangi hingga mampu membuat pikiran rileks. Namun, keduanya memiliki kandungan kafein yang tinggi. Jika tubuh seorang wanita berisikan banyak kafein, ini bisa menjadi payudara sakit sebelah kanan.


  • Mastitis

Penyebab satu ini hanya menyerang ibu-ibu yang sedang menyusui. Rasa sakit di payudaranya timbul akibat terjadi peradangan pada payudara. Biasanya, gejalanya disertai dengan payudara yang membengkak.


  • Abses

Rasa sakit di payudara juga bisa timbul karena adanya abses di dalam organ payudara. Abses adalah gumpalan yang berisi nanah di payudara. Untuk bisa sembuh, nanah ini harus diangkat dan dikeluarkan supaya tidak menginfeksi organ lain di payudara yang masih sehat.


  • Kista

Jika kamu meraba payudara dan mendapati ada benjolan, itu disebut dengan kista. Kista ini ada yang sakit bila ditekan, dan ada yang tidak. Namun, keduanya tetap harus dikeluarkan karena bisa berkembang lebih lanjut menjadi kanker. Sebab, sel kanker memang pasti ada pada tubuh setiap orang. Hanya saja ia tidak aktif. Nah, kista ini bisa memicu aktifnya sel kanker jika tidak segera dijauhkan dari kanker.


Dari beberapa penyebab payudara sakit sebelah kanan yang dipaparkan di atas, tentu itu hanya bersifat kemungkinan saja. untuk mendapatkan hasil yang pasti, pendapat dokter tetap yang paling bisa dipercaya. Nah, berikutnya kamu juga perlu mengetahui bagaimana penanganan yang tepat saat mengalami nyeri di payudara kanan. Berikut akan dijelaskan tips-tipsnya.


Cara Menangani Payudara yang Sakit di Bagian Kanan

Sebenarnya yang menjadi pertanyaan, apakah payudara kanan dan kiri itu memiliki perbedaan sehingga pembahasannya harus ada yang kanan dan yang kiri? Jawabannya sebenarnya adalah tidak. Keduanya memiliki struktur, fungsi, kegunaan, dan komposisi yang sama. Hanya saja, memang payudara kanan umumnya berukuran lebih besar dibandingkan dengan payudara kiri. Namun, perbandingan ukuran tersebut tidak begitu menonjol, sehingga jarang diperhatikan orang.


Nah, langsung saja simak ulasan cara merawat payudara yang sakit seperti di bawah ini.


  • Massage

Melakukan pijatan di area payudara tidak bisa dilakukan secara asal. Sebab, alih-alih menyembuhkan, bisa saja pijatanmu justru akan mengaktifkan sel kanker payudara di dalamnya. Selain itu, payudara juga merupakan organ yang berisi banyak sel. Banyaknya sel ini bisa dirasakan ketika kamu menyentuh area payudara dan sedikit menekan bagian yang menempel pada dada atas. Nah, sel-sel ini bisa saja berubah bentuk dan rusak bila pijatanmu terlalu kasar.


Cara memijat yang benar supaya payudara sakit sebelah kanan bisa sembuh adalah dengan menggunakan handuk yang telah dicelupkan pada air panas. nantinya handuk akan terasa hangat saat dikompreskan pada payudara. Kehangatan ini bisa membuat otot-otot payudara menjadi rileks dan nyerinya akan mereda. Jika ingin melakukan pijatan, gunakanlah minyak khusus memijat. Biasanya tersedia dengan bahan-bahan yang mampu meremajakan kulit sehingga payudara juga akan kencang.


  • Melepas Bra saat Tidur

Ketika tidur malam, banyak sel tubuh yang sedang aktif, termasuk sel-sel yang berfungsi untuk meremajakan kulit. Jadi, sebaiknya tidurlah dengan menanggalkan bra supaya payudara bisa bernafas bebas tanpa tekanan dari bra. Cara ini juga dipercaya mampu mengurangi resiko seorang wanita terkena kanker payudara.


  • Konsumsi Teripang

Teripang memiliki kandungan anti bakteri yang tinggi. Mengonsumsi teripang tentu bisa menjadi obat alami apabila penyebab payudara sakit sebelah kanan yang kamu derita adalah dikarenakan bakteri. Namun bila tidak pun, teripang juga mengandung zat-zat lain yang baik untuk payudara. Zat tersebut antara lain seperti desholoturin A, holothurinoside A, B, C dan D yang berfungsi untuk mematikan sel kanker, serta ada juga kandungan vesikel polian. Vesikel tersebut berfungsi sebagai anti peradangan pada payudara.


Demikian lah ulasan mengenai penyebab sekaligus cara mengatasi payudara sakit sebelah kanan yang bisa kami bahas. Semoga penjelasan di artikel ini dapat dimengerti dengan mudah dan bisa langsung diterapkan sebagai role model bagi para wanita yang ingin menjaga kesehatan payudaranya. Salam hidup sehat dan semoga kita semua selalu dihindarkan dari penyakit berat. Terima kasih .

Komentar

Tampilkan