Mengenal ciri ciri tumor payudara secara umum

masukkan script iklan disini

Untuk bisa mencegah kanker payudara, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengenali ciri ciri tumor payudara sejak awal. Pasalnya jika Anda sudah mengenali ciri tersebut sejak awal, Anda bisa segera mengatasinya dengan cepat. Penyakit Anda pun bisa mendapatkan penanganan medis secara cepat. Hal ini dikarenakan kanker payudara sendiri adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya, terutama untuk para wanita. Jenis penyakit ini dikarenakan oleh sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara. Dan selain kanker serviks, penyakit kanker payudara ini adalah salah satu jenis penyakit lain yang cukup sering dialami oleh para wanita dan sangat berbahaya apabila sudah cukup parah. Akan tetapi ternyata pria juga bisa loh terkena kanker payudara. Namun prosentasenya memang sangat kecil, yaitu 1 dari 1000 orang pria. Nah, jika Anda sudah mengalami penyakit yang menyerang jaringan payudara ini dan sudah cukup parah, maka jalan keluar yang biasanya dilakukan adalah operasi atau pembedahan. Tidak berhenti sampai di situ saja, tetapi selanjutnya akan dilakukan juga kemoterapi dan juga radiasi. Lalu apa saja ciri tumor atau kanker payudara? Simak penjelasannya berikut ini.


Beberapa Contoh Ciri Ciri Tumor Payudara yang Sering Terjadi

Penyakit kanker sendiri adalah kondisi di mana sebuah sel sudah tidak kehilangan kemampuan untuk mekanisme secara normal. Oleh sebab itu sel akan tumbuh secara tepat dan semakin tidak terkendali apabila tidak kunjung mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Tumor atau kanker payudara ini cukup ganas, loh. Bahkan secara fisik pun payudara yang terkena tumor atau kanker ini akan sanagt berbeda dengan ciri ciri payudara sehat. Secara umum, ciri ciri penyakit ini adalah munculnya benjolan dengan ukuran yang bervariasi yang muncul di sekitar payudara. Terkadang terasa cukup mengganggu, namun terkadang juga tidak terasa mengganggu bahkan tidak disadari keberadaannya. Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang ciri ciri tumor payudara lebih lengkapnya, berikut penjelasannya.


  • Benjolan di Sekitar Payudara

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ciri yang paling umum adalah timbulnya benjolan di sekitar payudara dan sekitar ketiak. Nah, ciri inilah yang harus Anda waspadai sejak awal sebagai ciri atau gejala awal penyakit kanker atau tumor payudara ini. Meskipun tidak 100 persen menandakan kanker tersebut, namun Anda harus tetap waspada. Apalagi jika benjolan tersebut terasa sakit dan cukup mengganggu. Beberapa gejala tumor payudara yang kmungkinan besar menandakan bahwa itu adalah gejala kanker atau tumor, biasanya benjolan akan terasa keras. Benjolan tersebut juga akan berlokasi tetap dan tidak akan berpindah-pindah. Biasanya juga hanya ada satu benjolan saja dan tidak akan muncul di payudara yang lain, dan terkadang akan keluar cairan dari benjolan tersebut.


  • Ukuran dan Bentuk Payudara Berubah

Ciri ciri tumor payudara yang kedua biasanya akan membuat ukuran serta bentuk payudara Anda berubah. Kondisi ini hanya akan terjadi pada salah satu payudara saja, dan ciri ini harus sangat Anda waspadai. Segera periksakan ke dokter apabila Anda merasakan ukuran payudara Anda menyusut tanpa adanya sebab lain seperti penurunan berat badan misalnya. Bentuknya terkadang juga berubah, bentuk yang tadinya menonjol ke depan, bisa jadi lemas seperti terjatuh ke bawah. Namun terkadang perubahan ukuran ini juga bisa terjadi pada kedua payudara, sebelah kanan dan kiri.


Tumor payudara termasuk salah satu penyakit yang harus segera di obati supaya dapat sembuh, jika terlambat kemungkinan sembuhnya makin kecil, oleh karenanya mengenali ciri-ciri tumor payudara sangatlah penting.

  • Kerutan di Payudara

Ciri yang lain adalah munculnya kerutan di sekitar payudara. Meskipun secara umum kerutan ini memang akan terjadi pada orang yang sudah tua, akan tetapi meskipun Anda masih muda payudara Anda juga bisa berkerut apabila Anda terkena kanker atau tumor payudara. Gejala ini biasanya hanya terjadi pada bagian tertentu di sekitar payudara. Untuk kulit yang normal, biasanya tidak ada kerutan-kerutannya dan permukaan payudara cenderung rata dan terasa halus. Akan tetapi jika tumor payudara ini muncul, biasanya Anda akan merasakan kerutan-kerutan di permukaannya. Sehingga kulit payudara ini akan teraa lebih kasar dan biasanya akan memunculkan warna yang menghitam.


  • Keluar Cairan dari Puting

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, salah satu ciri ciri tumor payudara di awal adalah secara tiba-tiba akan keluar cairan dari puting Anda. Bahkan ketika Anda sedang tidak menyusui. Dan jika Anda mengalami kondisi ini, lebih baik segera periksakan kesehatan Anda, karena ini adalah salah satu ciri awal yang sangat diwaspadai. Cairannya biasanya berupa cairan kental dan terkadang encer. Warnanya terkadang berwarna putih atau tidak berwarna (bening). Terkadang cairan yang muncul juga bisa berupa cairan berwarna mirip darah. Dan jika cairan yang keluar dari puting sudah berwarna seperti darah, bisa diperkirakan bahwa kanker atau tumor yang Anda derita masuk dalam kategori yang lebih parah.


  • Rasa Nyeri yang Terus Menerus di Payudara

Ciri ciri tumor payudara yang kelima adalah rasa nyeri di bagian payudara. Rasanya bisa diperkirakan seperti ketika Anda mengalami menstruasi atau ketika Anda hamil. Rasa sakit tersebut isa menghilang dengan sendirinya, akan tetapi terkadang nyeri tersebut akan terus Anda rasakan. Nah, untuk mengetahui apakah rasa nyeri tersebut adalah gejala tumor payudara atau bukan, periksa bagian yang terasa sakit tersebut. Jika rasa sakitnya terletak pada posisi yang sama sejak awal. Kemungkinan besar itu adalah pertanda tumor atau kanker payudara. Untuk mengatasi rasa nyerinya, Anda bisa mengoleskan minyak gosok, lalu segera periksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Ciri lain yang biasanya juga terjadi ketika seseorang mengalami tumor payudara adalah payudaranya akan terlihat lebih merah dan seperti bengkak. Putingnya akan masuk ke dalam, dan tentunya akan terlihat berbeda dengan ciri ciri payudara sehat lainnya. Rasanya gatal, bersisik dan ruam di bagian puting susunya. Sangat tidak nyaman, bukan?


  • Gejala Tumor Payudara Lebih Lanjut

Nah, jika Anda sudah mengetahui beberapa ciri ciri tumor payudara seperti yang sudah kami jelaskan tadi, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Akan tetapi jika ternyata Anda telat mengetahui atau mendeteksi gejala-gejalanya, biasanya akan timbul efek atau gejala yang akan membuat Anda lebih tidak nyaman lagi. Diantaranya Anda akan merasa mual dan kehilangan napsu makan Anda. Akibatnya Anda akan mengalami penurunan berat badan. Tumor ini juga bisa mengakibatkan rasa nyeri di tulang bahkan menimbulkan penyakit kuning.


Gejala lainnya seperti sakit kepala, sesak napas, cairan yang menumpuk di paru-paru, batuk, dan otot yang melemah. Dengan mengetahui berbagai macam ciri ciri tumor payudara dan gejala lebih lanjutnya seperti yang tadi sudah kami sampaikan, semoga setelah ini Anda bisa lebih waspada lagi. Dan jika Anda mengalami gejala tersebut, semoga Anda bisa segera mengetahuinya dan bisa segera berkonsultasi ke dokter.

Komentar

Tampilkan